Pakan Organik Suplemen: Solusi UMI untuk Tingkatkan Produktivitas Budidaya Udang

Pelatihan Budidaya Udang dengan Aplikasi Pakan Organik Suplemen Pada Kolam Terpal Di Desa Kabba Kecamatan Minasate’ne Kabupaten Pangkep

Daerah, News212 Dilihat

Tim pengabdi dari Universitas Muslim Indonesia (UMI) yang dipimpin oleh Dr. Ir. Harlina, MP, menggelar Pelatihan Budidaya Udang dengan Aplikasi Pakan Organik Suplemen Pada Kolam Terpal Di Desa Kabba Kecamatan Minasate’ne Kabupaten Pangkep (29/09/2024).

Kegiatan ini melibatkan anggota tim, yaitu Dr. Andi Nirwana, SE., M.Si., satu orang alumni (Mulyadinul Islam, S.Pi), serta empat mahasiswa (Sulfan Izzulhaq, Imam Taufik, Haru, dan Aldi). Pelatihan diikuti oleh 15 anggota dari Kelompok Tani Kabba Sejahtra. Pelatihan ini merupakan bagian dari program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang didanai oleh Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat UMI. Materi pelatihan disampaikan oleh Dr. Kamaruddin, S.Pi, M.Si.

Menurut Dr. Ir. Harlina, MP, rendahnya produksi udang disebabkan oleh tingginya angka kematian udang yang dipicu oleh serangan penyakit Vibriosis. Salah satu solusi yang diperkenalkan dalam pelatihan ini adalah pakan organik suplemen yang telah dipatenkan dari hasil Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT).

“Pakan organik ini dapat menjadi upaya pencegahan untuk mengatasi serangan penyakit pada udang, sehingga diharapkan bisa meningkatkan produksi tambak,” jelas Dr. Harlina. Ia juga menambahkan bahwa penggunaan pakan ini membantu menjaga kesehatan udang dan meningkatkan daya tahan mereka terhadap berbagai penyakit.

Pelatihan ini disambut dengan antusias oleh Kelompok Tani Kabba Sejahtra. Mereka berharap agar kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara berkelanjutan. “Kami sangat senang dengan adanya pelatihan ini dan berharap bisa terus mendapatkan pendampingan. Dengan begitu, hasil budidaya udang kami bisa semakin meningkat,” ujar Abu Khair salah satu peserta pelatihan.

Foto bersama Kelompok Tani Kabba Sejahtra

Dalam kesempatan yang sama, Tim Pengabdi UMI mengucapkan terima kasih kepada Rektor UMI melalui Ketua Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat.

READ  Inovasi Probiotik untuk Meningkatkan Budidaya Ikan Nila di Pesantren Wihdatul Ulum: Kegiatan Pengabdian Masyarakat

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Rektor UMI melalui Ketua Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat, Prof. H. Dirgahayu Lantara, atas pendanaan yang diberikan, sehingga pelatihan ini bisa terlaksana dengan lancar,” ujar Dr. Harlina, selaku Ketua Tim Pengabdi.

Dengan pelatihan ini, diharapkan Kelompok Tani Kabba Sejahtra dapat menerapkan pakan organik suplemen ini dalam budidaya udang mereka, serta meningkatkan produktivitas tambak udang di kawasan tersebut.

 

Mutiara Hildza

Kejaksaan negeri Selayar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *