Penutupan BAMA 2024 UM Bulukumba: Mencetak Generasi Unggul Berbasis Al-Islam dan Kemuhammadiyahan

Daerah, News, Pendidikan749 Dilihat

WARTASULSEL, Bulukumba – Universitas Muhammadiyah Bulukumba (UM Bulukumba) secara resmi menutup rangkaian kegiatan Baitul Arqam Mahasiswa Akhir (BAMA) gelombang terakhir tahun 2024 pada Sabtu, 14 September 2024. Acara penutupan yang dilaksanakan di Auditorium KH. Ahmad Dahlan ini dihadiri oleh 106 mahasiswa tingkat akhir yang telah mengikuti program selama dua hari penuh dengan berbagai materi Al-Islam Kemuhammadiyahan dan penguatan karakter kepemimpinan.

Dalam pidato penutupannya, Rektor UM Bulukumba, Dr. H. Jumase Basra, M.Si., menyampaikan harapannya agar seluruh mahasiswa mampu mengaplikasikan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan yang telah mereka dapatkan selama kegiatan.

“Sebagai generasi harapan bangsa ke depan, saya berharap ananda dapat tampil sesuai dengan apa yang diharapkan, baik oleh bangsa maupun oleh Muhammadiyah,” ujar Jumase.

Ia juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Master of Training (MoT) serta tim instruktur yang telah dimandatir oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) dan tim instruktur dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) atas dedikasi dan bimbingan yang diberikan selama kegiatan BAMA.

“Terima kasih kepada Master of Training beserta instruktur, dan juga panitia atas kerja keras dan dedikasi yang luar biasa. Kami juga memohon maaf apabila terdapat kekurangan dalam penyelenggaraan kegiatan ini,” tambahnya.

Sementara itu, MoT, Dra. Jumiati Nur, M.Pd, menyampaikan pandangannya tentang pentingnya kegiatan ini bagi mahasiswa.

“BAMA bukan sekadar menuntut ilmu. Lebih dari itu, kita ingin mencetak mahasiswa Muslim yang tidak hanya selamat, tetapi juga mampu menyelamatkan orang lain, sebagaimana cita-cita Muhammadiyah. Kegiatan ini bukan sekadar menggugurkan kewajiban, tetapi kristalisasi nilai yang dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Jumiati.

READ  UM Bulukumba Sukses Menggelar Tes CAMABA Gelombang Terakhir

Ia juga menekankan pentingnya ilmu dan iman sebagai landasan dalam menghadapi tantangan di masa depan.

“Dengan ilmu dan iman, kita dapat menjawab tantangan-tantangan yang ada. Generasi muda yang unggul harus smart dan memiliki kebijakan dalam diri sehingga mampu melihat persoalan dari berbagai perspektif dan memberikan solusi dalam kehidupan bermasyarakat.”

Dalam penutupan, Jumiati juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta atas partisipasi aktif mereka. “Alhamdulillah, selama kegiatan berlangsung, mahasiswa menunjukkan keseriusan dalam proses pembelajaran dan pemahaman terhadap materi BAMA,” tuturnya.

Masih di tempat yang sama, A. Marwan Fachruddin, S.Pd.I., M.Pd.I. selaku ketua panitia, menambahkan bahwa kegiatan ini adalah puncak dari rangkaian BAMA tahun 2024, yang telah berlangsung dalam tiga gelombang.

“Tugas kalian selanjutnya adalah mengamalkan semua ilmu dan pengalaman yang diperoleh selama BAMA. Jangan hanya diingat, tetapi juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras dari awal hingga akhir. “Terima kasih atas kerja sama yang solid dari seluruh panitia BAMA angkatan I tahun 2024, mulai dari gelombang 1 hingga gelombang 3. Kegiatan ini tidak akan sukses tanpa partisipasi aktif kita semua,” tambahnya.

Penutupan BAMA ini menjadi penanda kesiapan mahasiswa untuk menghadapi tantangan dalam kehidupan sosial masyarakat dengan semangat Al Islam dan Kemuhammadiyahan yang telah tertanam kuat selama masa studi di UM Bulukumba.

Mutiara Hildza

Kejaksaan negeri Selayar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *