Gelombang Laut Tak Surutkan Semangat Patroli Pengawasan di Desa Menara Indah

News361 Dilihat

WARTASULSEL. Dalam upaya menjaga hak pilih seluruh warga negara, terutama mereka yang rentan dan berpotensi terabaikan, Tim Pengawas dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Selayar melakukan patroli pengawasan di Desa Menara Indah 13/07/2024. Gelombang laut yang cukup tinggi tidak menyurutkan semangat tim dalam menjalankan tugas mulianya.

Patroli ini dipimpin langsung oleh Kepala Subbagian Pengawasan dan Humas Bawaslu Selayar Rahmawati Nurdin, dengan sasaran utama para pemilih rentan seperti pemilih disabilitas dan masyarakat adat. Dalam beberapa pemilu terakhir, kelompok ini sering kali terabaikan hak pilihnya dan ada potensi penyalahgunaan hak pilih mereka.

“Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap warga negara, tanpa terkecuali, dapat menggunakan hak pilihnya dengan aman dan nyaman. Tidak boleh ada diskriminasi atau pengabaian, terlebih kepada mereka yang rentan,” tegas Kasubag Pengawasan dan Humas Bawaslu Selayar.

Patroli ini dilakukan dengan mengunjungi rumah-rumah warga, bertemu langsung dengan pemilih rentan, dan memastikan bahwa mereka mendapatkan informasi yang jelas serta kemudahan akses untuk menggunakan hak pilihnya. Selain itu, tim juga melakukan sosialisasi tentang pentingnya menjaga keaslian suara mereka dan melaporkan jika ada indikasi penyalahgunaan.

Kegiatan pengawasan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat, serta mencegah segala bentuk kecurangan yang dapat merugikan hak pilih warga. “Kami mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta mengawasi jalannya pemilu dan melaporkan jika menemukan adanya pelanggaran,” tambah Kasubag.

Dari hasil patroli pengawasan ada bcbarapa masyarakat yang termasuk dalam sasaran pengawasan diantaranya: Sitti Aisyah (Lansia),Firmansyah (Disabilitas), Sawisna (Lansia), Hj. Hajarah (Disabilitas), Balak Kiddik (Lansia),Goek  (Lansia)

Dari hasil patroli pengawasan kawal hak pilih yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Kepulauan Selayar belum ditemukan adanya dugaan pelanggaran.

Dengan adanya patroli pengawasan ini, Bawaslu Selayar berharap pelaksanaan pemilu di Desa Menara Indah dapat berjalan dengan lancar, jujur, dan adil, serta seluruh warga negara dapat menikmati hak pilihnya tanpa terkecuali.

wartasulsel

Dari rakyat,Untuk Rakyat,Kembali Ke Rakyat