Pameran Hasil Karya P5 Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Runiah School

Media, Sorot288 Dilihat

WARTASULSEL, Makassar-Pameran hasil karya projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) telah terlaksana dan berjalan lancar pada Sabtu, 18 November 2023.

Pameran yang digelar di Runiah School ini mengusung tema “Menumbuhkan hasil karya siswa berbasis kolaboratif dan kreatif” yang melibatkan 9 kelas projek.

Pembukaan pameran P5 dihadiri oleh kepala sekolah, orang tua siswa serta tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SD Runiah School. Adapun hasil yang dipamerkan oleh kelas projek adalah berbagai hasil karya siswa yang dibuat sangat baik dan menarik.

Fahrul Rahman, M.Pd selaku PIC kegiatan menyebutkan kegiatan P5 pameran hasil karya ini tidak hanya memamerkan hasil-hasil karya siswa selama satu semester, selain itu juga menampilkan bakat-bakat siswa dalam bentuk penampilan seperti tari, karate, parade smaphore, paduan suara, story telling, pidato bahasa Makassar, dan juga pemutaran video proses-proses pembelajaran dan pembuatan karya siswa. Lebih lanjut P5 akan menumbuhkembangkan dimensi profil pelajar Pancasila.

Dalam pameran ini, tiga komponen yang wajib ada yaitu peserta didik, guru, dan kepala sekolah untuk menggerakkan P5 dengan maksimal.

P5 tidak hanya menunggu hasil atau nilai saja, namun yang lebih penting adalah mengutamakan proses dan harus dikerjakan oleh tiga komponen tersebut. Ternyata, di bawah bimbingan para guru, kreativitas siswa dalam pameran P5 ini tidak main-main.

“saya kagum dan sangat mengapresiasi kegiatan ini. selain itu juga adanya kegiatan pameran hasil karya ini menanamkan kepada para siswa sikap mandiri, tanggung jawab, maupun kerjasama dalam proses pembuatan karya ”, ungkap Kepala SD Runiah School, Nina Novelia,S. Pd., Gr.

 

Dengan terlaksananya pameran karya P5 ini diharapkan dapat menjadi pemantik agar siswa senantiasa kreatif dan kolaboratif dalam berkarya, serta membuat para guru juga semakin meningkat dalam hal peningkatan kompetensi untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serta kegiatan ini dapat menjalin silaturahmi yang lebih erat antar warga SD Runiah School.

wartasulsel

Dari rakyat,Untuk Rakyat,Kembali Ke Rakyat