Upaya Meminimalisir Karhutla, Babinsa Jajaran Kodim 1415/Selayar Berikan Himbauan Kepada Warga

Media80 Dilihat

WARTASULSEL, Kepulauan Selayar – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar masih saja terjadi akhir-akhir ini. Berdasarkan laporan dari Damkar, BPBD, dan Kodim Selayar yang selalu ada di lapangan, Karhutla ini banyak terjadi akibat kelalaian masyarakat yang membuang puntung rokok sembarangan dan juga melakukan pembakaran sampah atau ranting di lahan mereka.

Menanggapi hal ini, Dandim 1415/Selayar Letkol Inf Nanang Agung wibowo melakukan upaya preventif dengan memerintahkan Babinsa jajarannya untuk memberikan himbauan kepada warga di wilayah binaan masing-masing untuk tidak melakukan pembakaran di lahan atau kebun selama musim kemarau belum usai.

Dandim mengungkapkan bahwa untuk mengatasi masalah Karhutla ini dibutuhkan kerjasama dari semua pihak dan juga dibutuhkan kesadaran dari masyarakat untuk sama-sama mencegah terjadinya Karhutla.

“ Kami sudah memberikan perintah lisan kepada para Babinsa jajaran agar memberikan himbauan kepada warga binaan masing-masing untuk sementara jangan melakukan pembakaran di lahan atau kebun “ ucap Dandim.

Perintah dari komando atas langsung di respon oleh koptu Sudarianto yang merupakan Babinsa Desa Kohala Koramil 1415-04/Bontomatene yang melaksanakan anjangsana dan memberikan himbauan kepada warganya di dusun Kadempak Desa Kohala Kecamatan Buki, Rabu (11/10/23).

Menurut Koptu Sudarianto, Desa Kohala merupakan salah satu wilayah yang rentan terjadi Karhutla karna mayoritas warganya berprofesi sebagai petani dan memiliki lahan perkebunan yang luas.

“ Kami melaksanakan himbauan secara langsung kepada warga, semoga dengan cara seperti ini bisa mencegah terjadinya karhutla, dan kami juga sampaikan kepada warga jika melihat ada kebakaran, agar segera menghubungi Damkar dan juga Babinsa “ tutup Sudarianto.

wartasulsel

Dari rakyat,Untuk Rakyat,Kembali Ke Rakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *