Dandim 1415 Selayar Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Barugaiya

Nasional119 Dilihat

WARTASULSEL, Kepulauan Selayar– Apel Kehormatan dan Renungan Suci menjelang peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Barugaiya, Desa Barugaiya, Kecamatan Bontomanai, Kamis (16/08/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Kepulauan Selayar Muh. Bali Ali, Wabup Saiful Arif, Sekda Selayar, Ketua DPRD Selayar, Dandim 1415 Selayar Letkol, Kapolres Selayar, Ketua Pengadilan Negeri Selayar, Kajari Selayar, Anggota DPRD, Danpos TNI AL, para Asisten Setda Selayar, para PJU Kodim 1415/Selayar, para PJU Polres Selayar, para Kepala OPD, dan pimpinan Instansi Vertikal Kep. Selayar dan Camat Bontomanai.

Dandim 1415 Selayar Letkol Inf. Nanang Agung Wibowo bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Apel Kehormatan dan Renungan Suci. Sementara, Danramil 1415-04 Bontomatene Mayor Inf. Muh. Basir menjadi Perwira Upacara. Sedangkan Pasi Ops Kodim 1415 Selayar Letda Inf. Muh. Rusdy sebagai Komandan Upacara.

Apel Kehormatan dimulai tepat pukul 00.00 Wita, dan diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, dilanjutkan pembacaan apel kehormatan dan renungan suci oleh Inspektur Upacara yang ditandai pemadaman listrik dengan menyalakan obor induk serta lilin. Para peserta apel mengikuti semua rangkaian acara secara hikmat.

Inspektur Upacara Letkol Inf. Nanang Agung Wibowo menyampaikan penghormatan tertinggi kepada arwah para pahlawan atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan 9 orang angkatan bersenjata dan 17 orang pejuang rakyat sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan Bangsa dan Negara.

“Kami semua yang ada disini menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian penghormatan saudara-saudara. Sebagai pahlawan dalam pengabdian dan berjuang demi kebahagiaan Negara dan Bangsa. Kami bersumpah dan berjanji Perjuangan Para Pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa Semoga arwah saudara diterima oleh Tuhan yang Maha Esa serta mendapatkan tempat yang sebaik-baiknya,” ucap Letkol Inf. Nanang Agung Wibowo membacakan naskah apel kehormatan.

Selanjutnya, upacara ditutup dengan pembacaan do’a oleh Kepala KUA Kecamatan Bontomanai H. Muh. Nursam dan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan yang telah gugur merebut dan mempertahankan kemerdekaan NKRI dipimpin oleh Komandan Upacara.

Adapun pasukan upacara terdiri dari Kodim 1415 Selayar 1 (satu) peleton, Polres Kepulauan Selayar 1 (satu) peleton, Pol PP Selayar 1 (satu) peleton, Korpri Selayar 1 (satu) peleton, dari UPT SDI 63 dan UPT SMPN 27 Kepulauan Selayar 1 (satu) peleton. (Tim)

wartasulsel

Dari rakyat,Untuk Rakyat,Kembali Ke Rakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *