Menakar Kekuatan 3 Calon Sekprov Sulsel yang Bakal Dipilih Presiden

Avatar photo

Wartasulsel, MAKASSAR – Tiga nama calon Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulsel, akan dikirim ke Presiden melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Prosedur itu melalui Gubernur Sulsel, ia mengirim nama tersebut ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), yang selanjutnya diserahkan ke Tim Penilai Akhir (TPA) dalam hal ini diketuai Presiden Jokowi.

“Setelah ini, pak Gub menyurat ke KASN melaporkan hasil. Setelah itu, kami menyurat TPA melalui Kemendagri,” kata Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Taufik Akbar usai pengumuman hasil seleksi Sekprov Sulsel, Senin 13 Maret 2023. Pihaknya mengaku, setelah pengumuman dan hasilnya diserahkan ke TPA, maka penentuan Sekprov Sulsel itu ada di tangan Presiden.

“Jadwal kami kan hanya proses tiga besar. Selebihnya kan akan berproses lagi ke pusat. Itu kewenangan Presiden,” tutup Taufik. Herald Sulsel telah mengumpulkan informasi dan profil tiga nama Sekprov Sulsel itu, siapa terkuat?

1. Andi Taufik Andi Taufik merupakan peraih nilai tertinggi di seleksi Sekprov Sulsel. Ia meraih nilai akhir 92,49 dengan rincian, assessment 21,32, makalah 18,57, Wawancara 33,20 dan Rekam Jejak 19,40. Dia saat ini menjabat sebagai Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan (Kapus Litbang) Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar. Ia hampir lima tahun menjabat sebagai Kapus Litbang LAN Makassar, setelah dilantik pada Mei 2018 lalu.

2. Muh Iqbal Suhaeb Orang ini juga bukan orang sembarangan, dia pernah menjabat sebagai Pj Wali Kota Makassar 2019-2020 lalu. Dia juga pernah menjabat Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Sulsel.

Selain itu, dia juga pernah menjabat sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Sulsel, dan juga di luar lingkup pemerintahan dia pernah menjabat sebagai Asisten Direktur IPDN. Iqbal merupakan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB). Dia ambil S3 di Unhas. Sekarang dia menjabat Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Sulsel.

READ  Polemik Imam Desa Tarupa Kepulauan Selayar, apakah ditunggangi Politik?

3. Sukarniaty Kondolele Nama pertama muncul, Sukarniaty Kondolele, dia sekarang menjabat sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sulsel sejak, 13 Mei 2020 lalu. Ibu Ani sapaannya juga sekarang menjabat sebagai Plt Kadis Kominfo Sulsel. Sebelum ia menjabat sebagai Plt Kadis Kominfo, ia juga pernah Plt di Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel. Tak hanya itu, ia juga telah menempati berbagai jabatan strategis di Pemprov Sulsel di antaranya, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan desa (PMD) Sulsel, Plt Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP).

Wanita kelahiran 6 Juni 1965 itu juga pernah menjadi koordinator acara pekan raya 2022 lalu di Palopo, juga pernah menjadi Ketua Panitia Jambore PKK Tingkat Provinsi Sulsel. (Red)

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *